Menuju 'Smart City', Ini Persiapan Denpasar

Selasa, 22 Desember 2015 : 08.49

DENPASAR (inibali.com) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar telah melakukan persiapan menghadapi tantangan kemajuan teknologi menuju smart city dengan mengandeng perusahaan swasta.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Denpasar Dewa Gede Agung mengatakan pemkot bekerja sama dengan perusahaan swasta, yakni PT Aleph Santosa Adiraja.

"Pelayanan terpadu sistem informasi yang terintegrasi (Platform Aleph) ini merupakan sebuah aplikasi perdagangan dunia atau global trade di dalam 150 negara, dimana pasar bebas ini nantinya akan menampilkan produk-produk unggulan Kota Denpasar maupun destinasi wisata, kebudayaan dan potensi lain yang dikembangkan dan dipromosikan melalui aplikasi Platform Aleph," tuturnya pada acara sosialisasi pelayanan sistem terpadu berbasis mobile, Senin (21/12/2015),

Kepala PT Aleph Santosa Adiraja, Ade F. Meyliala menyosialisasikan aplikasi Platform Aleph itu. Program tersebut merupakan suatu inovasi baru yang memang dikelola oleh anak-anak bangsa.

Di harapkan Kota Denpasar menuju "smart city", karena dari hasil riset yang telah dilakukan bahwa portal Pemerintah Kota Denpasar sangat bagus dan dinamis dibandingkan portal pemerintahan lain di Bali. Oleh sebab itu Kota Denpasar dijadikan proyek percontohan pertama di dalam sosialisasi Platform Aleph ini.

"Kini portal yang sudah bagus dan dinamis ini tinggal dikolaborasikan untuk bisa mempromosikan e-commerce di Kota Denpasar kepada global market yang sudah terjaring di dalam dua juta anggota dan inilah seluruh potensi yang akan kita bawa untuk Kota Denpasar guna menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN dan ASEAN Trade," ujar Ade Meyliala.

Sementara Sekretaris Kota Denpasar Anak Agung Rai Iswara mengatakan pemkot saat ini sangat gencar meningkatkan teknologi, karena ciri khas suatu Kota yakni teknologi yang terdepan. Dimana jika teknologi hanya berorentasi lokal dan nasional yang tak terarah ke jaringan internasional nantinya akan sia-sia. Apalagi awal 2016 MEA sudah di mulai dan tantangan ke depan sangatlah cepat.

"Pemerintah Kota Denpasar sudah maju di dalam teknologi, tetapi teknologi ini harus terus di sempurnakan dengan menggandeng unsur-unsur lain. Oleh karena itu kami harapkan dengan aplikasi Platform Aleph ke depannya bisa memajukan perekonomian perkotaan," ucapnya.

Selain itu, kata dia, Kota Denpasar di melalui pelayanan terpadu berbasis mobile (bergerak), maka keberadaan teknologi informasi mampu mendukung kemajuan perekonomian lokal melalui promosi dan standarisasi identifikasi produk UMKM, dan akhirnya mampu menembus pasar global," katanya. (Antara/wan)