JTrust Bank Gandeng Perusahaan Thailand Garap Pertanian

Selasa, 08 Desember 2015 : 13.20


MANGUPURA (inibali.com) - PT Bank JTrust Indonesia akan membentuk perusahaan finansial yang fokus menyalurkan kredit khusus untuk para petani. Perusahaan finansial ini ditargetkan mulai beroperasi April 2016. JTrust Bank menggandeng perusahaan asal Thailand yang berpengalaman dalam pembiayaan alat-alat pertanian.

"Nanti kami akan membentuk perusahaan finansial (multifinance) bekerja sama dengan perusahaan finansial Thailand yang bergerak di sektor pertanian," kata Direktur Utama PT Bank JTrust Indonesia, Ahmad Fajar, Senin (7/12/2015). Dijelaskan, digandengnya perusahaan finansial dari Thailand karena perusahaan tersebut dinilai sukses mengembangkan sektor pertanian di negeri Gajah Putih itu dan beberapa negara lain, seperti Kamboja dan Myanmar.

Perusahaan multifinansial itu ditargetkan baru bisa beroperasi pada April 2016, hal ini mengikiti fiskal yang berlaku di Jepang yaitu Bulan Maret. Bank yang sebelumnya bernama Bank Mutiara itu sahamnya kini dimiliki 100% oleh perusahaan finansial JTrust dari Jepang. “Kita tengah berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” ungkapnya.

Dia menjelaskan, bahwa program tersebut diklaim baru diberikan kepada sektor pertanian di Bali dan Pulau Jawa dengan 60% kredit akan diberikan untuk sektor pertanian dan koperasi dengan biaya dan uang muka yang murah. "Mereka akan mendorong koperasi dan petani mengambil kredit dengan biaya yang murah dan DP (uang muka) yang murah sudah bisa mengambil alat pertanian modern," imbuhnya.

Dia menyatakan bahwa modal minimal yang disiapkan dari perusahaan gabungan itu diproyeksikan lebih dari Rp100 miliar., pihaknya optimistis dapat meningkatkan penyaluran kredit keseluruhan sebesar Rp 8,7 triliun pada akhir 2015 atau meningkat sekitar 11,5% jika dibandingkan tahun sebelumnya. *(wid)