UKM Suplai Merchandise Harley Davidson

Minggu, 08 November 2015 : 08.17



MANGUPURA(inibali.com) - Koperasi Nasional Aku Mandiri Copp menjalin kerja sama dengan Harley Davidson Motor Cycles (HDMC). Koperasi yang beranggotakan pengrajin perak di Celuk, Gianyar, Lumajang dan pembuat jaket kulit di Garut itu menjalin kerja sama pengadaan merchandise pecinta motor gede tersebut.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) disaksikan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Ngurah Puspayoga dan  Regional Customer Experiance Manager Harley Davidson Asia Pacific, Martin Engelbrecht, Sabtu (7/11/2015) di Hotel The Stone Kuta.

Ketua Umum Koperasi Nasional Aku Mandiri, Reza Fabianus mengaku bangga dengan kerja sama ini. Kerja sama ini membuat Indonesia mendapatkan akses pasar langsung, sehingga nilai tambah dan pendapatannya dapat lebih besar. Melalui koperasi, kata dia, kekuatan para UKM dapat mempunyai nilai tawar yang tinggi dan dapat berdiri sejajar dengan perusahaan dunia.

"Kerja sama resmi dalam bentuk pemasaran produk-produk merchandise Harley Davidson seperti jaket kulit, sepatu boots, gelang perak tulang naga. Ini merupakan terobosan masuk ke segmen kelas atas dan global," katanya.

Harley Owners Group (HOG), lanjut Reza, merupakan peluang pasar yang besar bagi koperasi dan UKM Indonesia. Sebab, data menunjukkan bahwa hasil dari penjualan merchandise resmi Harley Davidson seperti jaket kulit, helm, topi, asesoris, dompet kulit dan lainnya nilainya per bulan melebihi dari hasil penjualan motor itu sendiri yaitu sebesar 30 persen.

Representatif HDMC Indonesia, Ponti Pandean memaparkan, HOG merupakan komunitas terbesar di dunia saat ini dengan jumlah anggota sekitar satu juta pengendara motor. Di Asia Pasifik, Harley Davidson memiliki kantor regional di Singapura dan mengoperasikan 235 dealers dan chapters dengan jumlah anggota aktif mencapai 74.000 peserta. "Pada tahun ini, 1.460 dealer mandiri dari 90 negara berhasil membukukan total penjualan sebesar 270.000 sepeda motor," papar Ponti.

Memasuki segmen kelas atas dan global tidaklah gampang, persyaratan kualitas dan persyaratan lainnya tidak mudah dipenuhi oleh koperasi dan UKM. Oleh karena itu, Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Ngurah Puspayoga berkomitmen untuk memajukan dan memberdayakan koperasi dan UKM di Indonesia.

Ia memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Aku Mandiri Coop dan HDMC atas usahanya ikut memajukan koperasi dan UKM Indonesia lewat pelatihan, pemasaran dan peningkatan kemampuan koperasi dan UKM, sehingga dapat memasarkan produk dengan brand Harley Davidson. (wid)