Kuliner Khas Bali Ramaikan Denpasar Festival Ke-8

Selasa, 24 November 2015 : 18.26








DENPASAR(inibali.com)-Profesional Cheff Competition untuk ketiga kalinya dilaksanakan Pemerintah Kota Denpasar serangakain Pra Event Denpasar Festival (Denfes) Ke-8 Tahun 2015, Selasa (24/11/2015) di Inna Bali Hotel.

Kompetisi yang diikuti peserta  dari kalangan Mahasiswa Sekolah Perhotelan  serta dari kalangan cheff hotel maupun restauran terlibat dalam kegiatan yang mengambil tema "Balinese Rijstaffel"  yang dibuka secara resmi Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara .Acara yang dihadiri pula Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Denpasar Made Saryawan,  Ketua BPD Indonesian Cheff Asotiation (ICA) Bali, Komang Adi Arsana serta undangan lainnya .

Menurut Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara Perkembangan Industri kreatif di Indonesia saat ini cukup pesat, satu diantaranya adalah Sub Sektor Kuliner melalui kompetisi ini sebagai langkah memajukan kuliner khas Bali melalui ICA yang bekerjasama dengan Pemkot Denpasar.  .

“Saat ini kita tidak saja membicarakan masalah wisata budaya, namun harus juga mampu mengembangkan  masalah wisata kuliner  di Kota Denpasar, melalui Profesional Cheff Compotition ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan kita pada kuliner khas Bali serta Hotel maupun restaurant diharapkan dapat memperkenalkan masakan khas Bali kepada Wisatawan Domestik dan Wisatawan Asing” ujar Rai Iswara.

Pemikiran kreatif masyarakat kedepan harus terus dibuka melalui peningkatan profesionalisme, uji kompetensi yang nantinya dapat berkompetisi serta mewujudkan nuansa baru wisata yang saat ini sedang berkembang di Kota Denpasar.

Sementara Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Denpasar Made Saryawan mengatakan kompetisi ini diikuti oleh cheff hotel maupun restaurant dan Mahasiswa Sekolah Perhotelan  dengan menampilkan masakan khas Bali yang mengambil tema Balinese Food Rijstaffel dengan potensi nantinya mampu diangkat ketingkat Nasional.

Diharapkan perkembangan masakan  Khas Bali dapat diperkenalkan kedalam menu hotel yang disajikan kepada para wisatawan. “Dengan kompetisi ini dapat memperkenalkan masakan khas Bali yang melibatkan hotel dan mahasiswa diharapkan menu tradisional Bali dapat masuk kedalam menu hotel berbintang selain itu untuk meningkatkan peran serta masyarakat Kota Denpasar dalam mengembangkan masakan tradisional serta menjalin kerjasama antar Cheff Hotel di Kota Denpasar,” ujarnya.

Ketua BPD ICA Bali Chef Komang Adi Arsana mengatakan perkembangan makanan Bali sangat luar biasa dan beragam yang saat ini telah masuk ke ranah hotel. Melalui kompetisi Profesional Cheff Balinese Rijstafel Cooking Competition ini sebagai langkah nyata insan profesional dari asosiasi profesi yang menunjukan kepada masyarakat bahwa kami tetap mempertahankan khasanah budaya kuliner Bali.

Hal ini juga berkaitan dengan kehadiran wisatawan ke Bali yang juga ingin mengetahui keberadaan kuliner khas  Bali, serta melalui Profesional Cheff Competition ini diharapkan mampu menjadi inspirasi para cheff dalam membuat menu ditempat kerja mereka masing-masing, “Disinilah Profesional Cheff dapat memperlihatkan hasil olahan budaya kuliner dalam bentuk Balinese Rijstafel Cooking Competition , serta siap menyongsong perkembangan pariwisata dengan tetap berpegang teguh di dalam kultur budaya adat daerah yang proporsional, hygienis, sehingga mampu menjadikan inspirasi kepada Pemerintah dan Masyarakat Kota Denpasar,”ujarnya.(dea)