Gunung Barujari Lombok Meletup, Bandara Ngurah Rai Ditutup

Rabu, 04 November 2015 : 06.47

Bandara Ngurah Rai.(Foto: Bali-Airport.com)
DENPASAR (iniBali.com): Akibat semburan abu pasca-erupsi Gunung Barujari di Lombok, Nusa Tenggara Barat sejumlah bandar udara ditutup, termasuk Bandara Ngurah Rai.

General Manajer PT Angkasa Pura Bandara Ngurah Rai Trikora Harjo mengatakan terkait penutupan sementara itu telah dikeluarkan pemberitahuan kepada personel penerbangan di seluruh dunia atau notice to airman (notam).

Seperti tercantum dalam situs resmi Bandara Ngurah Rai, dalam notam bernomor A2472/15 yang diterbitkan Rabu (4/11/2015) pagi ini disebutkan penutupan akan dilakukan hingga Kamis (5/11/2015) pukul 8.45 Wita. 

Otoritas Bandara Ngurah Rai sebelumnya telah mengeluarkan Notam No A2468/15 yang dikeluarkan Selasa (3/11/2015) penutupan sementara dilakukan Selasa, 3 November 2015 pukul 19.30-23.30 Wita.

Sehubungan dengan hal tersebut, lanjut Trikora Harjo, semua operasional penerbangan baik yang datang dan berangkat dari Bandara dibatalkan sampai menunggu pemberitahuan berikutnya.

Ia menyebut sejumlah penerbangan domestik maupun mancanegara terpaksa batal karena sebaran abu vulkanik Gunung Barujari, anak Gunung Rinjani yang berada di Danau Segara Anak, mengarah ke jalur penerbangan menuju Bali.

Ratusan calon penumpang diperkirakan gagal terbang akibat penutupan sementara tersebut.

Sebelumnya 11 jadwal penerbangan yang dilayani dua maskapai Jetstar dan Virgin Australia membatalkan jadwal penerbangannya dari dan ke Bali akibat erupsi Gunung Barujari itu.

Selain pembatalan rute dari beberapa kota di Australia dari dan ke Bali, pembatalan juga dilakukan maskapai Jetstar untuk tujuan Denpasar-Singapura.(rel)