5 UMKM Terbaik Masuk Rating, Mudah Akses Dana Perbankan

Selasa, 17 November 2015 : 08.17

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga/IST
NUSA DUA (inibali.com): Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo) meluncurkan sistem pemeringkatan atau rating.

Sedikitnya 5 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bali langsung menempati peringkat terbaik dalam rating tersebut.

Ketua Dewan Komioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad mengatakan UMKM yang masuk rating terbaik tersebut sangat layak mendapat akses ke perbankan.

"Ini memudahkan bank untuk langsung mengucurkan pembiayaan," katanya, Senin (16/11/2015).

Kelima UMKM itu yakni Arjuna Bakeri yang bergerak di bidang pembuatan roti, Putra Motor (bengkel), UD Bunga Jepun (produksi spa dan kerajinan), Ita Brokat (pedagang pakaian jadi), dan Aulia Permata yang semua bekerja sama dengan BPD Bali.

Kelima UMKM tersebut diumumkan di sela-sela pembukaan Seminar Internasional Penjaminan yang dibuka Ketua Dewan Komisioner OJK di Nusa Dua.

Kelima UMKM itu merupakan 11 pelaku usaha di Indonesia yang mendapatkan rating terbaik lainnya yang berasal dari Surabaya sebanyak dua UMKM, Padang (2) dan Bandung (2).

Sejumlah indikator diterapkan untuk memberikan peringkat kepada UMKM di antaranya dari segi kuantitatif dan kualitatif.

Untuk kuantitatif di antaranya menyangkut kelayakan usaha dan kemampuan keuangan. Sedangkan kualitatif seperti rekam jejak UMKM.

Dengan adanya "rating" tersebut maka akan mendekatkan dan membuka keran layanan keuangan tetapi juga database UMKM.

Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyambut baik adanya rating tersebut karena Indonesia belum memiliki lembaga independen tersebut.

"Pemeringkatan UMKM ini nanti kalau sudah bisa berjalan baik akan bermanfaat bagi UMKM, perbankan dan eksportit. Sangat dibutuhkan pemeringkatan UMKM ini misalnya jika mau ajukan kredit di bank," ucapnya.(Antara)