Pecalang Dilibatkan Pengamanan Pilkada 2015 di Bali

Senin, 23 November 2015 : 13.53

Pecalang.(Ilustrasi)
DENPASAR (inibali.com) - Polda Bali menggandeng pecalang (petugas keamanan adat) untuk ikut terlibat dalam pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang bakal digelar 9 Desember 2015.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali, Komisaris Besar Hery Wiyanto mengatakan pecalang bisa bermitra dengan Polri untuk sinergitas lebih baik.

"Sebagai bagian dari masyarakat, pecalang juga memiliki andil dalam membantu aparat keamanan guna mewujudkan kondusivitas wilayah," ujarnya, Senin (23/11/2015).

Apalagi, Pulau Dewata merupakan daerah tujuan wisata yang bergantung dengan faktor keamanan wilayah.

Untuk itu, pihak kepolisian juga mengajak serta "local genius" masyarakat khas Bali itu untuk berpartisipasi menjaga pelaksanana Pilkada serentak.

Pilkada serentak berlangsung di enam kabupaten/kota di Bali meliputi Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan, Karangasem, Bangli dan Jembrana.

Polda Bali sendiri bekerja sama dengan Kodam IX/Udayana dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak.

Polda Bali mengerahkan 12.512 personel dalam pengamanan pelaksanan pemilihan kepala daerah serentak itu mulai dari tahapan kampanye masa tenang, tahapan pungut suara, tahapan hitung suara, tahapan penetapan dan pengumuman dan tahapan pelantikan.

Sedangkan Kodam IX/Udayana menerjunkan prajurit dukungan dari TNI yang mencapai 856 orang.(Antara)

Saat ini 0 komentar :