ITDC Berangkatkan Gratis Pemudik dan Bagikan Ratusan Paket Sembako

Minggu, 10 Juni 2018 : 19.36
Dirut ITDC, Abdulbar M. Mansoer, Sabtu (9/6/2018) melepas bus mudik bareng ITDC 2018

JAKARTA (inibali.com) - Guna berbagi berkah Ramadhan sekaligus mempermudah masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memberangkatkan pemudik gratis, dalam Kegiatan Mudik Bareng BUMN Guyub Rukun yang dipusatkan di Ancol, Jakarta. 

Pihak ITDC memberangkatkan satu bus jurusan Jakarta – Yogyakarta, setelah sebelumnya memberangkatkan dua bus pada tahap pertama 7 Juni 2018 untuk jurusan Jakarta – Lampung dan Jakarta – Yogyakarta via Semarang dan Klaten.  Total ITDC memberangkatkan tiga bus masing-masing berkapasitas 40 penumpang. 

“Mudik Bareng ITDC 2018 merupakan bagian dari Kegiatan Mudik Gratis Bareng BUMN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh 62 BUMN Pelaksana.  Pada tahun ini, 62 BUMN memberangkatkan total 206.000 pemudik dengan moda transportasi bis dan pesawat,” kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer, Sabtu (9/6/2018)

Abdulbar menjelaskan, tujuan program ini adalah untuk membantu masyarakat untuk kegiatan mudik yang lebih aman sekaligus menekan kepadatan arus mudik khususnya pemudik yang menggunakan sepeda motor.  Pemberangkatan tahap dua hari ini sekaligus menutup rangkaian kegiatan Safari Ramadhan yang diselenggarakan ITDC sejak bulan Ramadhan dimulai. 

Selain mengadakan kegiatan Mudik Bareng, selama bulan ramadhan ITDC telah melaksanakan sejumlah kegiatan antara lain kegiatan buka puasa dengan sejumlah stakeholders, Pasar Murah dan Santunan Anak Yatim, serta kegiatan keagamaan di Masjid Nurul Bilad, The Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan Buka Puasa dengan stakeholders antara lain buka puasa bersama dengan Polda NTB pada 5 Juni 2018, serta Buka Puasa Bersama dengan Kejaksaan Tinggi NTB, Kejaksaan Negeri Lombok Tengah, dan Pengadilan Negeri Praya pada 6 Juni 2018. 

Sementara, pada tanggal 7 Juni lalu telah dilaksanakan kegiatan Pasar Murah dan Santunan Anak Yatim darai desa-desa sekitar KEK Mandalika/The Mandalika. Pada kegiatan Pasar Murah ini, ITDC membagikan total 800 kupon paket sembako bagi warga yang tersebar di lima desa (Kuta, Sengkol, Sukadana, Mertak, dan Rembitan) serta anggota kepolisian dan Brimob. Kupon paket sembako ini dapat ditukarkan dengan paket sembako yang terdiri dari 10 kg Beras, 2kg gula pasir, 2 liter minyak goreng, 5 bungkus mie instan. Sementara untuk santunan anak yatim, ITDC telah menyerahkan hadiah lebaran bagi total 500 anak yatim yang tersebar di lima desa dengan hadiah lebaran senilai Rp 100.000/ anak. 

Selain itu, guna  menyemarakkan bulan ramadhan dengan kegiatan keagamaan, ITDC bekerjasama dengan MUI Kabupaten Lombok Tengah dan Kecamatan Pujut juga menyelenggarakan pengajian rutin yang dilaksanakan di Masjid Nurul Bilad setiap hari selesai waktu sholat Ashar. Acara ini dalam bentuk mengundang beberapa ustadz dari Lombok Tengah yang mengisi acara secara bergantian. ITDC juga membagikan Nasi dan ta’jil sebanyak 150-180 bungkus setiap harinya selama bulan Ramadhan kepada masyarakat sekitar yang melakukan pengajian dan buka bersama di Masjid Nurul Bilad. 

“Kami berharap seluruh kegiatan yang kami siapkan selama bulan Ramadhan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan juga mempererat silaturahmi dengan stakeholders, dan dapat menunjukkan kehadiran ITDC sebagai BUMN di tengah-tengah masyarakat,” tutup Abdulbar. *