Ornamen Melasti Sambut Nyepi di The Nusa Dua

Selasa, 13 Maret 2018 : 07.06





Ornamen melasti terpasang di pintu masuk The Nusa Dua jelang perayaan Nyepi

MANGUPURA (inibali.com) - Kawasan The Nusa Dua ikut dalam menyambut perayaan Nyepi Caka 1940. Sejumlah persiapan digelar, salah satunya membuat ornamen bertajuk "Melasti" di dekat pintu masuk kawasan. Wisatawan pun diajak merasakan aura perayaan Nyepi yang hanya ada di Pulau Dewata ini.

Kepala Divisi Operasi The Nusa Dua, Pari Wijaya, Senin (12/3/2018) kemarin, mengatakan, The Nusa Dua yang merupakan bagian dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) membuat dekorasi dengan konsep upacara melasti. Tema ini sengaja dipilih karena upacara melasti adalah prosesi utama dari hari Raya Nyepi. "Melasti bermakna penyucian alam, buana alit dan buana agung," ucapnya.

Dijelaskan, dekorasi ritual melasti yang dibuat kali ini seluruhnya menggunakan bahan alami. Mulai dari upih (pelepah pinang), tapis (pelepas kelapa), keraras ( daun pisang kering),  karung goni, daun dan dahan kering. Ornamen ini dibuat oleh seniman Putu Suardana dibantu 3 orang seniman. "Kita gunakan bahan bahan alami dan dikerjakan seniman lokal," imbuhnya.

Pembuatan ornamen ini diakuinya sebagai penghormatan dan bagian dari budaya yang ada di Bali. Sehingga diharapkan wisatawan yang menginap di kawasan The Nusa Dua bisa ikut merasakan aura perayaan hari Raya Nyepi. "Keunikan Nyepi hanya ada di Bali. Kita ingin wisatawan bisa merasakan aura Nyepi," imbuhnya.

Pembuatan ornamen hari besar bukan hanya dibuat saat perayaan Nyepi saja. Sebelumnya, kawasan wisatawan yang memiliki sekitar 5.200 kamar berbintang ini juga membuat ornamen pohon Natal dari kayu dan saat Imlek dibuat dekorasi Anjing tanah dari kayu. *

Saat ini 0 komentar :