KNSP, Sawah Dipenuhi Sampah Plastik

Jumat, 26 Januari 2018 : 23.44



DENPASAR (inibali.com) - Bali bebas sampah plastik menjadi mimpi banyak orang. Namun mimpi itu masih sangat jauh. Masih banyak orang membuang sampah plastik ke got maupun sungai. Kenyataan ini membuat ribuan orang dari komunitas lingkungan bergerak ikut membersihkan sampah plastik.

Jumat pagi, (26/1/2018) sejumlah orang dari Komunitas Nuduk Sampah Plastik (KNSP) membersihkan sampah plastik di tengah sawah di bilangan Jalan Padma Denpasar. "Masih banyak orang membuang sampah plastik ke got maupun sungai. Bahkan sawahpun akhirnya penuh sampah plastik," ungkap Wayan Gunayasa dari KNSP.

Bersama rekannya, (Dewa Hendrawan, Iwan Pranajaya, Wayan Subawa) dari KNSP, satu persatu sampah plastik diambil dan dikumpulkan. Berbekal kantong plastik dan sarung tangan ia pun  membersihkan sampah yang sulit diurai oleh alam tersebut. Bau menyengat dan dalamnya lumpur sawah tak membuatnya ciut. "Gimana kita tidak sakit. Kalau sawah saja isinya sampah plastik dan limbah," imbuhnya.

Kondisi ini memang sangat ironis dengan kebiasaan masyarakat membuang sampah. Saat ada orang yang rela membersihkan sampah, namun masih banyak orang tanpa merasa bersalah membuah sampah sembarangan. "Kami berharap masyarakat sadar mengenai bahaya sampah plastik," harapnya.

Diungkapkannya, komunitas global yang keberadaannya  ada di banyak negara ini berharap Bali bisa lebih baik. Jumlah anggota KNSP di Bali mencapai ribuan orang. Mereka bergerak tanpa dibayar dan beraksi di banyak tempat. Alangkah berdosanya kita jika membiarkan Bali rusak akibat sampah plastik ini. (wid)


Saat ini 0 komentar :