Badung Targetkan 7 Juta Wisman, Gelar 12 Program Promosi Luar Negeri

Sabtu, 06 Januari 2018 : 18.26

MANGUPURA (inibali.com)--Kabupaten Badung menargetkan 7 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada 2018.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Badung I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya mengatakan pemerintah telah menetapkan target 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2018.

Kata dia dari target tersebut 40% merupakan kontribusi Bali yaitu sebesar 7 juta kunjungan wisman. “Ngomong soal pariwisata Bali itu sama dengan bicara Badung, jadi kami bersama Pemkab badung juga menargetkan 7 juta wisman tahun ini,” katanya, Jumat (5/1/2018).

Ia menjelaskan di Pulau Bali terdapat sekitar 130.000 kamar hotel dan 98.000 di antaranya berada di Kabupaten Badung. Jumlah kunjungan wisman ke Badung diperkirakan sekitar 75,6%.

Oleh karena itulah, Badung banyak melakukan inisiatif promosi untuk mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya, sembari melakukan perbaikan kualitas layanan, infrastruktur, dan meningkatkan keamanan serta kenyamanan.

Tahun ini, lanjutnya, Pemkab Badung menyediakan dana promosi Rp7 miliar atau naik dari tahun sebelumnya yang hanya Rp5 miliar. “Ada 16 program promosi yakni 12 program di luar hnegeri dan 12 program di dalam negeri,." katanya.

Program-program tersebut dilakukan hampir setiap bulan dengan menyasar pasar wisata potensial, di antaranya promosi ke Los Angeles, New York, dan Philadelphia (AS) pada Januari 2018.

Pada Februari 2018, rencananya akan dilakukan promosi di Sydney, Melbourne, dan Perth di Australia serta Selandia Baru. Jumlah wisatawan Australia yang dulu sangat dominan dan belakangan digeser wisatawan China dipandang perlu digenjot kembali.

Pada Maret 2018, daerah ini bakal mengikuti agenda tahunan Internationale Tourismus-Börse (ITB) Berlin, Jerman yang merupakan perhelatan promosi pariwisata terbesar dunia.

Pada April 2018, promosi dilanjutkan ke Jepang. Setelah itu, hingga akhir tahun akan berlanjut ke Korea Selatan, China, India, Timur Tengah, Asia Tenggara, Rusia, dan berakhir di World Travel Mart (WTM) London.

“Dalam setiap promosi tersebut akan kami informasikan bahwa Bali aman untuk dikunjungi dan kawasan rawan bencana Gunung Agung hanya dalam radius 6 kilometer dari puncak gunung,” katanya.

Untuk promosi di dalam negeri, selain Bali & Beyond Travel Fair yang didukung Pemkab Badung, juga akan mengikuti gebyar wisata di Jakarta, Batam, Bandung dan Surabaya. Pemerintah setempat mengincar 10 juta wisatawan Nusantara (wisnus) sepanjang tahun ini.(BI/wan)


Saat ini 0 komentar :