Penerbangan China Kirimkan 13 Pesawat Menjemput Wisatawan ke Bali

Jumat, 01 Desember 2017 : 17.06
China Eastern Airlines (Foto: FoxNews)
BEIJING (inibali.com)--Badan Penerbangan Sipil China (CAAC) mengerahkan 13 pesawat domestik untuk memulangkan wisatawan asal negara itu setelah Bandara Ngurah Rai Bali dibuka kembali.

Pada Rabu (29/11/2017) malam, China Southern Airlines mengirimkan 2 pesawat dari Guangzhou dan Shenzhen dan China Eastern Airlines mengirimkan 4 pesawat dari Beijing dan Shanghai.

Pada Kamis (30/11) malam maskapai penerbangan lainnya mengirimkan 7 armada ke Pulau Dewata.

Sebanyak 6 unit pesawat dari maskapai penerbangan milik pemerintah China tersebut telah memulangkan 2.700 wisatawan dari Bali.

Sementara itu, 7 armada dari maskapai swasta telah membawa pulang lebih dari 1.000 wisatawan China dari Bali. Demikian pernyataan CAAC yang dikutip Kantor Berita Xinhua dan disiarkan Antara, Jumat (1/12/2017).

Pengerahan pesawat-pesawat China itu turut membantu 29 pesawat asing yang diperkirakan akan membawa pulang 5.596 wisatawan asing.

Bandara Ngurah Rai di kawasan Kuta ditutup pada Senin (27/11) setelah Gunung Agung di Kabupaten Karangasem memuntahkan abu vulkanik hingga ketinggian kolom 3.000 meter lebih.

Bandara terpadat kedua di Indonesia itu, telah dibuka kembali pada Rabu (29/11) sore karena abu vulkanik Gunung Agung mengarah ke wilayah Lombok, Nusa tenggara barat.

Kedatangan para wisatawan asal China di Bandara Shenzhen disambut haru para anggota keluarganya.

Bahkan mereka berfoto bersama dengan membentangkan bendera China begitu turun dari tangga pesawat China Southern yang membawanya pulang dari Bali, Kamis (30/11) malam.

China merupakan penyumbang terbesar wisatawan asing ke Indonesia. Pada tahun lalu wisatawan asal China yang berkunjung ke Indonesia mencapai angka 1,5 juta orang.

Pada tahun ini, Kementerian Pariwisata RI menargetkan 2,5 juta kunjungan wisatawan dari daratan Tiongkok tersebut. (Antara/wan)