ITDC Sabet Super Platinum dan CSR THK Award 2017

Sabtu, 25 November 2017 : 22.32

Direktur Strategi Korporasi dan Keuangan ITDC, Jatmiko K. Santosa menerima penghargaan Super Platinum THK Award 2017, Sabtu (25/11/2017)

DENPASAR (inibali.com) - Malam penghargaan Tri Hita Karana (THK) Award 2017 kembali digelar, Sabtu (25/11/2017) di Gedung Ksirarnawa Art Centre. Sebanyak 150 perusahaan, hotel, instansi dan lembaga pendidikan dianugerahi gelar ini. Bahkan salah satu perusahaan BUMN, Indonesia Tourism Developmen Corporation (ITDC) menyabet dua katagori sekaligus.

Direktur Strategi Korporasi dan Keuangan ITDC, Jatmiko K. Santosa, didampingi Managing Director The Nusa Dua, I Wayan Karioka, usai menerima THK Award 2017, menyatakan, penghargaan Super Platinum THK Awards yang kedua kalinya ini, sebagai bukti ITDC khususnya The Nusa Dua terhadap lingkungan. "Kami menjadi perusahaan sektor pariwisata yang mengimplementasikan konsep keharmonisan antara alam, manusia dan Tuhan," ungkapnya.

Dikatakan, sejak 40 tahun lalu  ITDC tetap konsisten melaksanakan konsep tri hita karana. Selama ini ITDC tak hanya bicara infrastruktur, tapi bagaimana menjaga lingkungan dan masyarakat. Tak mengherankan, tahun ini ITDC juga menyabet Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA). "Tri Hita Karana konsepnya sustainable development. Kita akan jaga terus standart ini" ungkapnya.

Diungkapkan, jika dulu pembangunan berkelanjuan (sustainable development) sebagai kelebihan, namun kedepan pembangunan berkelanjutan sudah menjadi keharusan. "Kalau sekarang kita bicara world class kita harus bicara mengenai sustainable," ungkapnya.

Terkait penghargaan CSR THK Award 2017, ia menyebut penghargaan ini tak lepas dari upaya ITDC membangun Desa Wisata Pinge di Tabanan. Ia menyebut pengembangan Desa Wisata Pinge sebagai pilot proyek di luar kawasan ITDC. "ITDC berpendapat Bali ini sangat perlu mengembangkan community base tourism," sebutnya.

Seperti yang dikatakannya, Tahun 2018 mendatang ITDC akan mengembangkan desa wisata di wilayah utara yaitu Buleleng. "Sudah ada beberapa desa dan sejak pertengahan tahun kita sudah duduk aparat desa untuk pengembangan desa wisata ini," jelasnya.

Ketua Tri Hita Karana Awards & Accreditation, Ir. I Gusti Ngurah Wisnu Wardana mengatakan, malam penganugerahan THK Award 2017 adalah sebuah apresiasi yang tinggi bagi mereka yang telah meng-implementasikan konsep Tri Hita Karana di lingkungan manajemen mereka. 

Dikatakan, program Tri Hita Karana Awards & Accreditation sejak tahun 2000 hingga saat ini (2017) berlangsung terus tanpa pernah putus. Ada sebanyak 325 hotel yang telah diakreditasi sejak tahun 2000. Tahun ini jumlah penerima penghargaan THK Award 2017 sebanyak 150 hotel dan instansi. (wid)

Direktur Strategi Korporasi dan Keuangan ITDC, Jatmiko K. Santosa saat menerima CSR THK Award 2017.