Sinergi BUMN, Generasi Bhineka Tunggal Ika

Minggu, 16 Juli 2017 : 21.35

Program siswa mengenal nusantara, Minggu (16/7/2017)

DENPASAR (inibali.com) - Masa depan negeri ini di tangan para generasi muda. Pelajar menjadi garda terdepan bangsa ini untuk menjaga kebinekaan. Hal inilah yang menjadi salah satu tujuan pertukaran pelajar yang dilakukan BUMN.

Direktur Operasional Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Minggu (16/7), mengatakan, AA Ngurah Wirawan, program pertukaran siswa yang sudah memasuki tahun ketiga ini merupakan cerminan dalam menjaga keragaman Indonesia. "Kalau kami merangkum semua kegiatan Kementrian BUMN ini yang paling fundamental, adalah generasi bhineka tunggal ika," ujarnya saat pembukaan program Siswa Mengenal Nusantara di Hotel The Yani.

Menurutnya, saat ini Indonesia memiliki masalah besar terhadap isu toleransi dan keberagaman. Selama kegiatan ini, anak dari Maluku, Papua, Bali dan daerah lain bisa berkumpul, berinteraksi dan saling mengenal dengan baik. "Dua puluh, tiga puluh tahun dari sekarang merekalah yang memimpin dan menggantikan kita kita semua," paparnya.

Diharapkan, selain para siswa ini mengenal budaya nusantara, iapun ingin memperkenalkan bagaimana BUMN ini bekerja untuk negara. Angkasa Pura mengelola bandara, jalan tol dikelola oleh beberapa BUMN. "Kami ITDC mengelola kawasan wisata," sebutnya.

Direktur SDM dan Umum PT Jasa Marga, Kushartanto Koeswiranto mengatakan pertukaran pelajar untuk mengetahui budaya di luar daerahnya ini akan berlangsung selama seminggu. Kali ini pertukaran pelajar dari Provinsi Maluku Utara sebanyak 20 orang akan tinggal di Bali untuk mempelajari budaya Bali sebagai ujung tombak pariwisata Bali. 

Hal sama juga berlaku bagi 20 pelajar dari Provinsi Bali yang telah lulus seleksi mengikuti pertukaran budaya ke Maluku Utara. "Siswa mengenal nusantara ini sebagai komitmen Kementerian BUMN untuk menjaga keutuhan NKRI dan menanamkan rasa bangga terhadap keanekaragaman yang ada di negeri ini," ujarnya.

”Apresiasi untuk BUMN atas kontribusinya membangun negeri melalui pengenalan kebudayaan bangsa dan peningkatan jiwa kebangsaan yang tinggi melalui Program Siswa Mengenal Nusantara yang merupakan bagian dari BUMN Hadir Untuk Negeri. Semoga ke depan, program ini dapat terus memberikan manfaat yang besar bagi negeri ini, “ ujar I Gusti Agung Ngurah Sudarsana, dalam sambutannya mewakili Wakil Gubernur Bali.

Salah seorang siswi peserta pertukaran budaya asal Maluku Utara, Ummu Hani Assagaf mengaku baru pertama kali ke Bali dan ingin mengetahui keindahan alam Bali terutama pantai. 

Selama berada di Bali dia beserta rekan-rekannya akan berkunjung ke Pura, melihat budaya Bali, serta ke beberapa destinasi wisata populer. "Saya ingin mengenal budaya Bali yang sangat heboh dan kental di mata turis asing," ucapnya.

Selain mengenal budaya Bali yang menjadi salah satu atraksi wisata, pelajar Maluku Utara juga akan menyaksikan secara langsung terkait pelayanan yang diberikan kepada para wisatawan. Sehingga nantinya, pelayanan pariwisata tersebut akan diterapkan di daerahnya kepada wisatawan. (wid)

Saat ini 0 komentar :