Sanur Village Festival Garap Sport Tourism

Senin, 22 Agustus 2016 : 14.38
Penyerahan hadiah Herbalife Bali International Triathlon yang merupakan rangkaian Sanur Village Festival

SANUR(inibali.com)-Ajang Sanur Village Festival salah satunya mengangkat sport tourism yang dinilai mampu berkontribusi dalam mendongkrak pariwisata di Bali. Sport tourism mampu mendatangkan puluhan ribu hingga ratusan ribu orang per tahun. Sejumlah even internasional pun sudah digandeng dalam ajang promosi SVF kali ini.
Ketua Panitia Sanur Village Festival Ida Bagus Sidartha mengungkapkan, ajang tahunan kali ini yang mengangkat tema Tat Twam Asi, menampilkan beragam kegiatan salah satunya sport tourism atau wisata olah raga. Rencananya, SVF 2016 yang dipusatkan di areal venue Masonet Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur mulai 24 September 2016, akan dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Koperasi dan UKM AA Ngurah Puspayoga.
Yang menarik perhatian pada ajang kali ini, diberikan ruang untuk pengembangan sport toursim. Cukup banyak potensi sport tourism yang layak dikembangkan di Bali. "Kita liat potensi sport tourism, health heritage dan lainnya, semua sudah diprogramkan dalam SVF," sampingannya saat konferensi pers di Sanur Denpasar Senin 22 Agustus 2016 di Hotel Maya Sanur.
Seperti pada ajang lari yang belum lama digelar di Denpasar diikuti 6000 peserta. Banyak wisatawan asing dan domestik mengikuti kegiatan tersebut.Demikian.juga masih dalam.rangka SVF digelar Bali Triathlon 2016 yang diikuti 1800 lebih peserta terutama atlet asing dari berbagai mancanegara. "Mereka ini tinggal dan melakukan spending money belanja yang berkontribusi besar bagi akomodasi hotel dan pariwisata," sambung pria yang disapa GusDe.
Ke depan, pihaknya mendorong kegiatan semacam itu dengan harapan lebih banyak menjaring peserta wisatawan asing. Banyak wisatawan asing bukan hanya kelas masyarakat biasa namun tak sedikit kaum berduit yang banyak membelanjakan uang saat berkunjung ke Bali. "Orang orangang ini kaya raya yang datang ke Bali, bayangin saja harga sepeda yang dibawa sampai Rp 200 juta," imbuh Ketua PHRI Denpasar itu.
Dirinya yakin, jika potensi wisata olah raga ini dikemas dengan baik memberikan jaminan keselamatan akan menarik minat wisatawan terutama asing. Gus De berharap ke depan potensi wisata in ini terus bisa dikembangkan untuk berkontribusi besar bagi.pariwisata di pulau Dewata.
Ditambahkan Gus De, dalam waktu dekat ajang lomba lari Maybank di Gianyar juga berskala internasional. Puluhan bahkan bisa ratusan ribu orang bisa datang ke Bali untuk mengikuti sport ini. Bisa dibayangkan dampaknya bagi pariwisata Bali. "Kegiatan semacam itu jelas membawa impact jelas bagi masyarakat dan pariwisata Bali.umumnya," demikian Gus De.

Selain sport tourism pengunjung SVF akan bertabur bintang top arti Indonesia. Pengunjung akan dihibur artis artis ibu kota dan lokal Bali seperti Indra Lesmana, Gren Fredy, Dewa Bujana, Gus Teja dan lainnya serta seniman Bali lainnya. “Ingat kita juga punya food festival yang selalu asik untuk dikunjung,” ujarnya. *(wid)