BHAKTI KARYA NUSANTARA III: Angkat Spirit Gajah Mada & Kebo Iwa

Kamis, 25 Februari 2016 : 08.45
Puri Blahbatuh, Gianyar. (Foto: IST)
DENPASAR (inibali.com) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengimbau generasi muda meneladani spirit Gajah Mada dalam mempersatukan Nusantara dan sosok Kebo Iwa yang memiliki keteguhan serta kejujuran dalam melaksanakan pemerintahan.

"Semangat dan keteguhan yang dimiliki oleh kedua sosok tersebut wajib diturunkan kepada generasi muda dan juga penerus bangsa sehingga generasi muda mampu menjadi sosok pemimpin masa depan yang berwawasan, dan memiliki semangat serta keteguhan untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya," kata Pastika saat menerima audiensi dari Panitia Bhakti Karya Nusantara III, Rabu (24/2/2016).

Kata dia mengamalkan dan mengimplementasikan spirit tersebut juga tidaklah mudah, namun harus segera dilakukan. "Semangat dan keteguhan beliau-beliau tersebut harus kita wujudkan secara nyata dan sangat bagus bagi generasi muda saat ini, sehingga ke depannya mampu melahirkan sosok pemimpin masa depan yang mampu mengayomi rakyatnya," ucapnya.

Namun, Pastika juga mengharapkan agar masyarakat saat ini tidak terlena dengan kesuksesan tokoh-tokoh masa lalu tersebut. Menurut dia, keberhasilan tersebut harus dijadikan sebagai dasar untuk memaknai kehidupan saat ini sehingga mampu untuk memberikan kontribusi positif dan mengembangkan diri.

"Maknanya ke depan bagaimana? Bagaimana cara kita mengaktualisasikan spirit tersebut sekarang dan nanti, apa masih layak atau tidak dan bagaimana perwujudan implementasinya?" ujarnya mempertanyakan.

Ketua Panitia Bhakti Karya Nusantara III A A Ngurah Kakarsana mengatakan tujuan kegiatan Bhakti Karya Nusantara dilaksanakan untuk mengangkat spirit perjuangan dari dua tokoh yakni Gajah Mada dan Kebo Iwa sehingga mampu untuk dijadikan sebagai dasar dalam menjalankan kehidupan saat ini dan yang akan datang.

"Keberhasilan dari kedua sosok tersebut sebagai seorang negarawan mampu memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya dan juga mempersatukan Nusantara," katanya.

Kegiatan yang akan dilaksanakan di Puri Blahbatuh pada 5 Maret 2016 tersebut diharapkan juga mampu memberikan wawasan bagi para pemimpin yang baru saja dilantik beberapa hari yang lalu, sehingga mampu menjalankan pemerintahan dengan baik.

Oleh karena itu, ia sangat mengharapkan dukungan dari berbagai pihak dan juga Pemerintah Provinsi Bali sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan spirit dari dua orang tokoh tersebut mampu membekas dan mempengaruhi masing-masing pribadi pemimpin Bali yang ada saat ini. (Antara/wan)