9 Desa di Badung Gelar Pilkades Serentak 29 April 2016

Selasa, 26 Januari 2016 : 21.58

Suasana pemilu beberapa waktu lalu. (Foto: IST)
MANGUPURA (inibali.com) - Sembilan desa di Kabupaten Badung sedang melakukan persiapan pemilihan kepala desa (perbekel) serentak yang akan digelar 29 April 2016.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemerintahan Desa Kabupaten Badung I Putu Gede Sridana mengatakan pemilihan dilakukan serentak karena ada jabatan perbekel yang kosong di sembilan desa yakni Desa Dalung, Canggu, Ungasan, Bongkasa Pertiwi, Nengwitani, Abiansemal, Petang dan Tumbak Bayuh.

"Pemilihan perbekel itu dilakukan sesuai peraturan daerah tentang tata cara pemilihan dan pemberhentian perbekel sesuai undang-Undang yang berlaku di daerah tersebut," katanya, Selasa (26/1/2016).

Kata dia jabatan perbekel yang kosong tersebut saat ini diisi penjabat dari Kecamatan dan Sekertaris Desa di daerah itu. "Saat ini kami terus mempersiapkan Pemilihan Perbekel yang dilakukan secara serentak," ujarnya.

Untuk tahapan dan mekanisme pemilihan, lanjut dia, menggunakan sistem lama, yakni panitia pemilihan ada dua orang (panitia dari desa dan panitia dari kabupaten).

"Sumber dana sesuai Perda juga dibebankan dari APBD Pemkab Badung dan APBDes yang masih menggunakan mekanisme lama," katanya.

Ia menerangkan, dana dari APBD tersebut akan dipergunakan untuk pengadaan losgitik, seperti pengadaan kertas suara dan surat panggilan pemilih.

Sebelumnya, Pemilihan Prebekel di sembilan desa itu rencananya digelar pada Oktober 2015. Namun, ditunda karena payung hukum Perda masih disusun DPRD Badung.

Saat ini 0 komentar :