Gandeng Facebook, Indonesia Promosikan Potensi Desa ke Penjuru Dunia

Sabtu, 07 November 2015 : 07.57

Suasana di Desa Adat Tenganan, Karangase,(Foto: Wikipedia.org)
DEMAK (iniBali.com): Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa dan PDTT) menggandeng Facebook untuk Dalam rangka mengembangkan dan menggali potensi desa, memasarkan potensi desa agar dikenal dunia.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan akan terus menggiatkan berbagai upaya untuk mempromosikan potensi yang ada di desa.

"Saya minta para kepala desa berlomba-lomba mengembangkan dan menggali potensi desa, Saya berharap potensi desa bisa kita pasarkan melalui teknologi," ujarnya kepada ratusan kepala desa saat acara Pameran Potensi Desa di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Jumat (6/10/2015).

Kata dia pemerintah pusat sudah melakukan kerjasama dengan Facebook untuk memasarkan potensi desa. "Mudah-mudah kerjasama kementerian desa dengan Facebook bisa berjalan baik. Karena memasarkan potensi desa dengan berbasis teknologi bisa lebih cepat untuk dikenal," imbuhnya.

Dia menjelaskan pemerintah Indonesia sudah berkunjung ke Silicon Valley kantor pusat Facebook di Amerika Serikat. Dari pertemuan tersebut, imbuh Marwan, Facebook sudah siap untuk membantu pemasaran potensi desa yang sudah mempunyai UKM.

"Kemarin kami sudah ketemu, tinggal di matangkan dan menggali potensi apa saja yang akan di pasarkan," katanya.

Tentunya, proses kerjasama dengan Facebook nantinya ada beberapa desa yang akan dijadikan pilot project untuk kerjasama dengan Facebook.

"Pilot project-nya nanti desa-desa yang sudah siap dulu dan desa yang sudah ada infrastruktur pendukung. Ini desa-desa yang sudah maju dulu, rata-rata ada Jawa, Bali, sebagian Sumatera nanti akan kita pilihi, targetnya tahun depan sudah mulai," imbuhnya.

Oleh karena itu, Marwan menegaskan pentingnya pameran potensi desa yang diselenggarakan di Kabupaten Demak ini sebagai stimulus untuk mengembangkan berbagai potensi desa secara nasional.

"Karena UMKM Desa ini memiliki peran penting penting untuk menumbuhkan potensi desa dan menggerakkan perekonomian masyarakat desa," ujarnya.(Antara/wan)

Saat ini 0 komentar :